Kinerja Pelayanan

KINERJA PELAYANAN

SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

KABUPATEN SUKABUMI

Kabupaten Sukabumi memiliki luas wilayah 412.591,92 ha, dengan ketinggian di atas permukaan laut berkisar 0-2.960 m. Terletak antara 6º57’-7º25’ LS dan 106º49’-107º00’ BT, dengan batas-batas wilayah administratif sebagai berikut :

  • Sebelah Utara        : berbatasan dengan Kabupaten Bogor
  • Sebelah Selatan     : berbatasan dengan Samudera Hindia
  • Sebelah Barat        : berbatasan dengan Kabupaten Lebak dan Samudera Hindia
  • Sebelah Timur       : berbatasan dengan Kabupaten Cianjur

Secara Administratif juga berbatasan langsung dengan Kota Sukabumi, dimana posisi Kota Sukabumi dikelilingi oleh beberapa wilayah kecamatan Kabupaten Sukabumi.

Wilayah Kabupaten Sukabumi yang begitu luasnya dimana terdiri dari 47 Kecamatan dan 386 Desa dan Kelurahan serta Sumber Daya Alam dan kondisi demografis penduduk yang beraneka ragam sangat dimungkinkan menimbulkan gangguan Ketentraman dan Ketertiban.

Perkembangan ekonomi mikro melalui tingkat penyebaran tempat usaha di Kabupaten Sukabumi relatif berkembang cukup pesat dari tahun ke tahun. Salah satu indikator pertumbuhan ini dapat dilihat dari tingkat kepatuhan dan kesadaran pelaku usaha atau wajib pajak/wajib retribusi dalam   mentaati   kebijakan/regulasi   yang  dikeluarkan  oleh  Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui penetapan Peraturan Daerah dalam mendukung peningkatan iklim usaha.

Disamping dinas teknis yang membidangi fungsi sosialisasi, pengawasan dan pelayanan masyarakat, masih tetap dibutuhkan instrumen pendukung dalam rangka menunjang peningkatan Pendapatan Asli  Daerah  di  Kabupaten  Sukabumi. Instrumen  dimaksud  dibutuhkan karena berdasarkan data yang ada, jumlah tingkat pelanggaran terhadap Peraturan Daerah di Kabupaten Sukabumi menunjukkan angka variatif dan senantiasa fluktuatif dari tahun ke tahun. Instrumen pendukung dimaksud adalah pemberdayaan Sat.Pol.PP,  dalam  hal ini dibidangi oleh fungsi Penyidikan dan Penindakan melalui tenaga Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).

Sat.Pol.PP Kabupaten Sukabumi tidak dapat bertindak secara menyendiri karena banyak keterkaitan tugas dengan pihak lain, baik dengan SKPD yang ada, LSM, pihak swasta maupun kelembagaan lainnya, untuk itu dalam menyelenggarakan tugas dan fungsinya Sat.Pol.PP senantiasa mengedepankan koordinasi dan kerjasama yang baik. Dengan berpedoman kepada tugas dan fungsinya senantiasa menyelenggarakan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum, yang diantaranya melakukan kegiatan Pembinaan Masyarakat dalam Memelihara Trantibum yang dilaksanakan secara periodik dan berkesinambungan.

Sedangkan dalam upaya pemeliharaan ketentraman dan ketertiban masyarakat serta penegakan Peraturan Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan tindakan di lapangan beserta aparat  POLRI, Kejaksanaan, Kehakiman, TNI dan Instansi terkait lainnya, baik berupa operasi Yustisi, Patroli, Pengawasan dan Monitoring, serta Operasi Penertiban.

Disamping sebagai penyelenggara kegiatan-kegiatan tersebut diatas Sat.Pol.PP Kabupaten Sukabumi juga menjalankan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya, yang diantaranya sebagai berikut :

  1. Fasilitasi dan pengendalian berbagai unjuk rasa yang dilakukan oleh warga masyarakat.
  2. Pengamanan dan Pengawalan para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam berbagai acara resmi terutama Bupati; Wakil Bupati, Sekretaris Daerah maupun pejabat lain yang membutuhkan pengawalan.
  3. Pengamanan berbagai acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi.
  4. Pengamanan asset vital milik Pemerintah Kabupaten Sukabumi.